23 tayangan
diinformasikan dalam SHARING PENGALAMAN oleh (120 poin)

Saya ingin memberikan laporan penipuan berkedok barang kiriman dari luar negeri.

Pada awalnya saya berkenalan melalui social media dengan aplikasi di google play, aplikasinya bernama “Tantan”.

Saya berkenalan disitu dengan akun “Delong Francis”. Mengaku sebagai Giologist, Chinese America. Tinggal di US.

Dia mengajak lebih intens komunikasi via Wechat dengan wechat ID : defrancis2611 . nama yg tertulis sebagai “Francis delong van lee”. Atau via google hangouts dgn email : francisdelong52@gmail.com

Sekitar semingguan berkomunikasi, dia mengatakan mengirimkan barang hadiah surprise, awalnya saya tdk ketahui apa yg dikirim namun saya masih percaya dia saat itu.

Sehari kemudian, dia memberi kabar barang sudah sampai (tanpa saya tahu jasa courier apa) dan saya diminta membayar biaya clearance custom sebesar $3490.

Saya kaget dan menanyakan apa isinya, dia bilang ada uang yg diselipkan sebesar $15000 dan cincin berlian. Saya merasa ada yang aneh disini.

Besoknya saya dapat telpon dari UNKNOWN number, seorang wanita dengan aksen Melayu, menyatakan saya harus bayar ke rekening pribadi untuk clearance. Namun saya menolak langsung.

Karena saya penasaran, saya tetap berhubungan baik dengan Francis.

Hari berikutnya saya mendapat telepon bertubi tubi (sepertinya scam) yaitu di nomor +8522511768 , +60182570519  dan +62310000007 . namun sengaja tidak saya angkat. Francis mengaku tidak kenal nomer tersebut.

Dengan berbagai alasan, Francis mengatakan barangnya gagal diambil di custom dan dikirim balik namun ke China (saat itu ngakunya dia sedang di china).

Dari China, dia mengaku mengirimkan kembali ke saya melalui expedisi http://www.demontexport.com/tracking.php , saya diminta ngecek posisi barang

Namun sampai tanggal 9 Agustus, tdk ada yg menghubungi. Saya berinisiatif menanyakan via email, namun tidak pernah ada balasan.

Malah Francis yg “katanya” berkomunikasi via email dgn courier tersebut. Dan memaksa saya harus membayar $1500 ke rekening pribadi atas nama Sumirahayu (Bank Mandiri, no rek.1690000808367).

Namun saya bersikukuh hanya akan membayar dengan jalur yang benar bukan ke rekening pribadi.

Besoknya saya dihubungi oleh seseorang bernama Lily, dgn nomor telepon 087761495827, yang mengaku dari CTA cargo (katanya forwarder dari Dermont courier).

Saya diminta datang ke kantor mereka melakukan pembayaran clearance $1500. Kantor beralamatkan di Jl. Cargo Bandara Kav. V.5 no. 33D (Bandara Soe-ta).

Namun sebelum saya ke kantor mereka, saya mengecek terlebih dahulu dengan menghubungi Call center custom bandara 1500225.

Call center menyatakan bahwa alamat tersebut palsu, dan nama Dermont courier dan CTA juga tidak ada, termasuk tracking number yg diberikan juga fiktif, tidak ada barang kiriman dengan kode tersebut.

Dengan sengaja, saya informasikan hal ini kepada Francis. Namun reaksi dia malah marah kepada saya yg telah menghubungi call center pihak Custom.

Kemudian dia memutuskan hubungan pertemanan kami. Saya paham dan yakin dia terlibat dari awal.

Tidak ada
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 182 tayangan
0 saran 1.4k tayangan
0 saran 256 tayangan
0 saran 416 tayangan
0 saran 61 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...