307 tayangan
diinformasikan dalam Tanya Jawab oleh (120 poin)
Pembaca sekalian yth, saya baru saja mengiklankan sebuah jam tangan Samsung di forum jual beli carousell, saat itu ada pembeli yang hendak membeli barang saya, yang bersangkutan mengirimkan saya foto KTP nya dan saya juga mengirimkan foto e-KTP saya ke sang pembeli. Namun, saat hendak menyelesaikan transaksi, sang pembeli melakukan penipuan dengan modus e cash yang berhasil saya gagalkan. Kronologi nya:

1. Sang pembeli mengirimkan saya token serta bukti transfer dari DOKU WALLET, tetapi saya curiga dan ternyata bukti transfer yang dikirimkan tidak valid dan saldo ATM saya tidak bertambah.

2. Sang pembeli mengatakan bahwa token tersebut harus dicairkan melalui ATM dan saya pun di tuntun ke ATM melalui telepon.

3. Sang pembeli mengirimkan foto prosedur pencairan dana yang akhirnya saya sadar bahwa ini adalah penipuan, apabila saya mengikuti prosedur yang diberikan pembeli, maka bukannya saya menerima uang, tetapi uang saya yang akan berpindah ke DOKU Wallet (e cash) si penipu. Lalu akhirnya si penipu memaki2 saya dan nomor HP saya di block pelaku.

Sekian kronologi penipuan tersebut. yang saya khawatirkan adalah foto KTP saya yang saya berikan ke penipu. Apa yang sebaiknya saya lakukan? Terima Kasih.
0
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 140 tayangan
diinformasikan 8 Sep 2017 dalam Tanya Jawab oleh jati dipo pratama (120 poin)
0 saran 289 tayangan
0 saran 137 tayangan
0 saran 124 tayangan
0 saran 132 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...