24 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Toko Online oleh (120 poin)
ditampilkan ulang oleh

Pada hari Rabu, tanggal 4 April 2018 kemarin saya melihat" iklan yang ada di Instagram. Terdapat akun @store.shop88 yang menjual berbagai produk Apple dengan harga miring dengan alasan tidak masuk bea cukai (tidak ada stempel pajaknya). Lalu saya coba bertanya" dengan penjual melalui Line yang id nya store.suci yang tulisan profil depannya terdapat sepenggal kata" 'jujur, aman, dan amanah'...

Setelah melakukan tawar menawar, entah mengapa saya merasa percaya dengan produk yang dijualnya sehingga tak pikir panjang lsg saya lakukan transfer ke Rekening BRI a.n. Ariyanto norek 7088 0101 5647 539 sebesar Rp. 2026000 (2jt + 26rb ongkir) untuk pembelian Apple Watch Series 3. Pengiriman berdasarkan info dilakukan dari kota Surabaya menuju Jakarta (domisili saya). Karena hari sudah malam, penjual mengatakan akan diproses besok pagi.

Pada keesokan harinya tanggal 5 April 2018, penjual chat via Line ke saya mengatakan bahwa barang telah diproses pengirimannya via JNE YES. Penjual tidak memberikan no. resi pengiriman dengan alasan menggunakan kurir pengantarannya sehingga no. resi baru diterima sore hari.

Pada hari yang sama, terdapat nomor HP yang menghubungi saya terus-menerus dari siang hari sampai sore hari dengan interval yang tidak terlalu dekat. Pada sore hari ketika kerjaan kantor saya sudah lenggang, nomor tersebut menelpon kembali dan saya angkat. Dalam telpon tersebut terdapat seorang pria dengan nama Hendra yang mengaku dari pihak asuransi dengan menyebutkan data-data pengiriman yang saya berikan kepada penjual. Pria tersebut mengatakan bahwa barang yang dikirim penjual yang bernama Dion (sama dengan nama yang digunakan penjual) merupakan barang gelap yang belum lolos bea cukai sehingga sebelum dilakukan pengiriman perlu dijaminkan asuransi. Pria tersebut menagihkan uang asuransi sebesar Rp 2150000 yang katanya nanti akan digantikan oleh pihak pengirim. Dari situ saya sudah merasa curiga, karena saya merasa ada kejanggalan tentang penagihannya. Alasannya, pria tersebut menggunakan logat bicara seolah" memaksa saya untuk segera membayar dan pada saat pertama mengenalkan diri ia tidak menyebutkan dari asuransi mana ia berasal. Lantas kemudian karena sudah curiga, mulailah saya bertanya kepadanya lokasi asuransinya, katanya Asuransi Central Asia (ACA) yang lokasinya di JI. Jemursari No. 203 Blok A-09 Komplek Pertokoan Jemur Raya Wonosari, Wonocolo, Surabaya. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya akan mengutus teman saya di Surabaya untuk membayar tagihan tersebut di tempat yang telah disebutkan. Pria tersebut awalnya menolak karena untuk urusan tersebut harus dilakukan oleh penerima barang langsung sehingga tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Tetapi saya ngotot untuk agar teman saya diijinkan yang bayar ke sana. Akhirnya pria tersebut sedikit mengancam dengan jika tidak cepat diproses pembayarannya, barang tersebut akan ditahan selamanya di asuransi dan tidak dikembalikan ke pengirim. Saya tetap ngotot bahwa besok pagi akan diproses oleh teman saya yang di Surabaya. Akhirnya kami sepakat dan telepon diakhiri.

Setelah itu, saya langsung memeriksa kebenaran Asuransi dan lokasi tersebut. Benar saja kecurigaan saya, lokasi tersebut memang merupakan kantor asuransi namun dengan nama yang berbeda yaitu Asuransi Wahana Tata (Aswata). Saya mencoba menghubungi Aswata yang ada di cabang Jemursari sesuai alamat dari pria di telepon. Setelah diproses untuk pelacakan barang yang ada di Aswata, pihak Aswata mengatakan bahwa setelah menanyakan kepada pegawai disana, tidak ada barang yang ditahan dan tidak ada barang yg dikirim dari Dion. Dari situ saya mulai yakin, bahwa penjual dan pria di telepon merupakan orang yang sama atau masih rekanannya.

Saya mencoba meminta itikad positif dari penjual tentang barang yang saya pesan. Chat saya hanya di read tanpa ada tanggapan apapun. Padahal ketika tanya jawab mengenai barang sebelum proses pembelian, penjual membalas dengan sangat cepat. Disini saya yakin, bahwa penjual merupakan seorang penipu yang melakukan penipuan dengan iming-iming produk elektronik murah karena tidak ada stempel bea cukainya.

Saya sudah merelakan tidak berharap uang tersebut kembali, saya berharap penjual dan pria rekannya mendapatkan balasan yang setimpal akibat hal yang telah dilakukannya, kepada saya dan mungkin ada beberapa korban lainnya yang mengalami hal serupa. Jika ada yang mengalami hal serupa dapat memberikan komentar juga. Jika ada yang berniat menginvestigasikannya, dengan senang hati saya akan membantu dengan informasi sedetail"nya. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga Anda tidak menjadi korban-korban berikutnya. :)

2026000
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 80 tayangan
0 saran 116 tayangan
0 saran 109 tayangan
0 saran 504 tayangan
diinformasikan 13 Okt 2017 dalam Penipuan Toko Online oleh VIA ROSITA (120 poin)
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...