13 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Toko Online oleh (120 poin)
ditampilkan ulang oleh
Hari ini saya menjual sepatu di OLX, dalam hitungan menit langsung ada pembeli yang WA saya nanya apakah masih ada barangnya atau tidak. kemudian saya jawab ada. lalu dia langsung mau bayar dengan transfer melalui BRI. saya disuruh nunggu 10 menit sementara dia ke ATM. 10 menit kemudian dia WA saya kalau dia transfer lewat mandiri e-cash lalu dia kirim bukti transfer editan ke saya. lalu dia info kalau pencairan dana e-cash harus tarik melalui atm, dan jika sudah di atm info saja biar dipandu kata si penipu nya.

sampai di ATM, saya WA dia dan lsg di telponya saya untuk mengarahkan cara pencairannya, dia suruh milih bahasa inggris, karena mesin atmnya bukan mesin atm mandiri dia di menu utama tidak ada kata Other Transaction, lalu dia suruh ulang lagi untuk ulang dan milih bahasa Indonesia.

Akhirnya saya coba bahasa indonesia, kemudian dia arahkan untuk memilih menu pembelian/pembayaran lalu pilih telkomsel. Otomatis saya langsung maki maki dia, dan dia malah maki maki saya balik.

Jadi intinya klo ada yang ngirim struk transfer harus dicermati dulu apakah editan atau tidak,

1. Bisa dilihat dari perspektif tulisannya apakah sama presfektif kertas struk

2. Jika pas di ATM di penelepon kesannya memandu seperti masukkan ATM, masukkan PIN, pilih menu ini dan itu ini indikasi penipuan

3. Biasanya mereka ramah dan sopan, mengucapkan salam di awal telp, agar terkesan terpecaya.

4. Kita seolah olah di kejar, atau buruburu
0
Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 56 tayangan
diinformasikan 16 Mei 2017 dalam Penipuan Toko Online oleh yuswono (120 poin)
0 saran 161 tayangan
0 saran 554 tayangan
0 saran 21 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...