167 tayangan
diinformasikan dalam Pencurian oleh (350 poin)

Penipuan Dengan Modus Rental Mobil-Usaha rental mobil menjelang pergantian tahun kerap dibanjiri pelanggan. Apalagi momen pergantian tahun nanti bertepatan dengan long weekend yang mungkin akan digunakan masyarakat untuk berlibur ke luar kota.

Namun, masyarakat khususnya yang memiliki usaha rental diimbau untuk berhati-hati dengan pencurian dengan modus rental mobil ini.

Penipuan dengan modus sewa mobil rental"Memang trennya pencurian dengan modus tental ini akan mengalami kecenderungan kenaikan dibanding hari-hari biasanya," ujar Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Budi Hermanto kepada detikcom, Minggu (27/12/2015).

Sepanjang Januari hingga November 2015, tercatat ada 35 kasus pencurian dan atau penggelapan dengan modus rental mobil. Para pelaku biasanya menyerahkan KTP palsu agar tidak terlacak.

Selain dengan menyerahkan KTP palsu, ada juga yang berpura-pura menyewa mobil berikut sopirnya. Nantinya, sopir rental akan diminta mengantarkan ke lokasi tujuan tertentu, lalu sopir diajak minum di hotel.

"Biasanya modusnya menawarkan sopir minum kopi atau jamu yang sudah dicampuri dengan obat bius," ungkapnya.

Bagi pemilik usaha rental, diimbau untuk lebih selektif dalam memilih calon konsumen. Bila perlu, menyewakan kendaraan harus dilengkapi rekomendasi dari orang yang terpercaya.

"Atau kalau perlu dicek keaslian KTP-nya," cetusnya.

Ia juga mengimbau agar mobil yang akan disewakan dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System) agar memudahkan dalam pelacakan ketika mobil dibawa kabur. 

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 174 tayangan
0 saran 103 tayangan
0 saran 83 tayangan
0 saran 86 tayangan
diinformasikan 8 Jan 2016 dalam Pencurian oleh Qonit Khusni (120 poin)
0 saran 82 tayangan
diinformasikan 3 Jan 2016 dalam Pencurian oleh Ryu (120 poin)
0 saran 65 tayangan
diinformasikan 23 Des 2015 dalam Pencurian oleh guntur (120 poin)
0 saran 36 tayangan
0 saran 53 tayangan
diinformasikan 27 Des 2015 dalam Penipuan Media Sosial oleh ahmads (120 poin)
0 saran 29 tayangan
diinformasikan 23 Jul 2018 dalam Pencurian oleh Yudhi Putra (120 poin)
0 saran 227 tayangan
0 saran 130 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...