97 tayangan
diinformasikan dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh (1.1k poin)

Hati-hati kalau ngambil uang via atm,kemudian kartu atm ditolak atau tidak mau masuk,setelah itu ada yang menawarkan untuk membantu,waspadalah jangan mau dibantu,lebih baik langsung pulang-ambil uangnya di teller saja.

Modus Baru Pembobolan Rekening dengan Manfaatkan Kartu ATM-baru-baru ini telah terjadi,bahkan sering.

Pengguna kartu ATM harus makin berhati-hati. Sebab, makin banyak modus pembobolan rekening dengan memanfaatkan kartu tersebut. Yang terbaru dialami dua nasabah asal Wonosobo.

Laras Trisno, asal Mudal, Kecamatan Mojotengah, kehilangan saldo rekening Rp 10 juta. Sedangkan Suyanto, warga Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, harus merelakan uang Rp 35 juta yang disimpannya dalam bank. Keduanya mengalami kejadian tersebut Minggu (7/2).

Kejadian itu bermula saat Trisno berniat mentransfer lewat mesin ATM di Jalan A. Yani, Wonosobo. Masalah muncul saat kartunya ditolak.

Saat itu, seseorang di dekatnya menawarkan diri untuk membantunya. Dengan bantuan orang tersebut, Trisno berhasil melakukan transaksi.

Sebenarnya ketika itu Trisno merasa curiga. "Aneh saja, waktu saya masukin sendiri tidak bisa, tapi saat ATM dipegang orang tersebut kok bisa dengan mudah," katanya.

Laras menjelaskan, sebelum mentransfer uang ke rekening adiknya sebesar Rp 3 juta, saldo dalam rekeningnya tercatat Rp 15, 5 juta. Namun, kemarin saat menabung sebesar Rp 1,25 juta menggunakan buku rekening di Bank BCA sekaligus mencetak saldo terakhir hanya tercatat Rp 3 juta. ''Harusnya kan Rp 13,75 juta," ungkapnya.

Hal yang sama dialami Suyanto. Semula rekeningnya tercatat Rp 55 juta. Lalu, dia mengambil uang Rp 5 juta. Saat akan mengambil uang lagi beberapa hari kemudian, kartu ATM-nya ditolak.

Karena sudah sore, dia tidak bisa melapor kepada petugas. Baru keesokannya dia melapor sekaligus mengecek saldo. Dia terkejut saat mengetahui saldo rekeningnya tinggal Rp 15 juta. "Padahal, setelah mengambil Rp 5 juta, saya tidak pernah transaksi. Tahu-tahu uang tinggal Rp 15 juta," ujar Suyanto.

Yang dia ingat, saat bertransaksi di ATM BCA Wonosobo, ada seseorang yang melakukan transaksi, namun gagal. Orang tersebut lantas meminjam kartu ATM Suyanto. Hanya dipegang sebentar, kartu tersebut kemudian diserahkan kembali.

Berdasar catatan transaksi di rekeningnya, ada transfer Rp 25 juta kepada Nasrul Apriyadi, seorang nasabah BCA. Kemudian transaksi kedua sebesar Rp 10 juta ke rekening Bank Central atas nama Azis A.. "ATM saya cuma dipegang dua detik. Saya tidak kenal sama sekali sama dua nama yang ada di buku rekening saya itu," jelas Suyanto.

Bagikan laporan ini

hosting

Informasi Modus Penipuan Dan Kejahatan terkait

0 saran 144 tayangan
0 saran 278 tayangan
diinformasikan 11 Jul 2017 dalam Pencurian oleh Tony Delon Maulana (120 poin)
0 saran 70 tayangan
0 saran 54 tayangan
0 saran 271 tayangan
diinformasikan 27 Des 2015 dalam Penipuan Lewat Media Lainnya oleh Rauf Ardila (1.1k poin)
0 saran 141 tayangan
cybercrime
Situs ini adalah media sosial online independent sharing berbagai bentuk informasi, dan kejahatan Cyber-Crime yang melanda dan terjadi di dunia maya internet online. Serta ikut partisipasi dalam memerangi segala tindakan kejahatan pada dunia maya. Terima kasih atas kontribusi semua pihak di media sosial ini dan semoga bermanfaat, amiin...
...